PENDIDIKAN

Selamat datang.....
perkenalkan nama saya YOGI dan teman sekelompok saya DENI....
di sini anda bisa dapat menemukan informasi tentang ''PENDIDIKAN''

SELAMAT MEMBACA

Kamis, 03 November 2011

MANFAAT EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH

Kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan oleh sekolah tentu memiliki manfaat yang besar bagi siswa maupun bagi sekolah. Dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan optimal melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakulikuler yang diikutinya. Misalnya siswa yang gemar menyanyi diharapkan mengikuti ekstrakulikuler menyanyi, maka minat dan bakatnya akan dikembangkan di dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut melalui pelatihan bernyanyi. Selain itu kegiatan ekstrakulikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi, melalui ekstrakulikuler maka siswa akan turut aktif juga mengikuti berbagai perlombaan sesuai dengan ekstrakulikuler yang dipilihnya.

Manfaat ekstrakulikuler tidak hanya bisa dirasakan oleh siswa, tetapi sekolah pun dapat merasakan manfaat positif tersebut. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa. Sehingga kegiatan ekstrakulikuler juga bisa menjadi salah satu faktor penentu apakah sekolah sudah menyediakan pendidikan yang layak atau belum. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakulikuler pun dapat memberikan manfaat yang positif bagi sekolah, semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut.

Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah memang memiliki manfaat yang besar bagi siswa maupun bagi sekolah, tetapi di sisi lain sekolah maupun siswa harus pintar pintar mengatur waktu dan prioritas antara pendidikan akademis di dalam kelas dengan pendidikan non akademis dalam kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler yang baik adalah kegiatan ekstrakulikuler yang tidak mengganggu proses pembelajaran akademis bagi siswa, jangan sampai siswa terlalu fokus dalam kegiatan ekstrakulikuler sehingga kegiatan akademis yang utama terbengkalai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar